Breaking News
recent

Bentuk - Bentuk Penyimpangan Sosial Berserta Contonya

Bentuk - Bentuk Penyimpangan Sosial Berserta Contonya - Pengertian Penyimpangan sosial adalah bentuk perilaku yang dilakukan oleh seseorang yang tidak sesuai dengan norma dan nilai sosial yang berlaku dalam masyarakat.
Bentuk-bentuk Penyimpangan Sosial :
  1. Berdasarkan Sifat
    • Penyimpangan Bersifat Positif
      Penyimpangan bersifat positif adalah penyimpangan sosial yang mempunyai dampak positif terhadap sistem sosial karena dianggap ideal dalam masyarakat.
      Contohnya : Munculnya wanita karier yang sejalan dengan emansipasi wanita.
    • Penyimpangan Bersifat Negatif
      Penyimpangan bersifat negatif adalah penyimpangan sosial yang berwujud tindakan ke arah nilai-nilai sosial yang dianggap rendah dan tercela karena tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku.
      Contohnya : Pemerkosaaan, perampokan, dan pelacuran.

      Bentuk penyimpangan yang bersifat negatif dibagi menjadi dua, yaitu :
      1. Penyimpangan Primer : Merupakan penyimpangan sosial yang bersifat sementara dan tidak berulang-ulang. Biasanya pelaku penyimpangan ini masih diterima didalam masyarakat
        Contohnya : Seseorang menunda pembayaran pajak karena alasan keuangan tidak mencukupi dan Pengendara kendaraan bermotor yang sesekali melanggar rambu lalu lintas.
      2. Penyimpangan Sekunder : Merupangan perilaku menyimpang yang nyata dan yang terjadi secara berulang-ulang dan menjadi sebuah kebiasaan. Biasanya pelaku penyimpangan ini tidak lagi diterima didalam masyarakat.
        Contohnya : Pemabuk yang meresahkan masyarakat.
  2. Berdasarkan Pelakunya
    • Penyimpangan Individual
      Merupakan penyimpangan yang dilakukan oleh individu/personal yang bertentangan dengan norma yang berlaku. Penyimpangan ini biasanya dilakukan di lingkungan keluarga.
      Contohnya : membandel, nakal, pembohong dll.
    • Penyimpangan Kelompok
      Merupakan penyimpangan yang berbentuk
      tindakan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang tunduk pada norma kelompoknya yang bertentangan dengan norma yang berlaku dalam mayarakat.
      Contohnya : Aksi terorisme yang dilakukan secara berkelompok.
    • Penyimpangan Campuran
      Merupakan penyimpangan yang dilakukan
      oleh suatu golongan sosial yang memiliki organisasi yang rapi, sehingga individu ataupun kelompok didalamnya taat dan tunduk kepada norma golongan dan mengabaikan norma yang berlaku dalam masyarakat.
      Contohnya : Remaja yang tergabung dalam geng motor.
 Faktor - Faktor Penyebab Penyimpangan Sosial
  • Faktor internal antara lain intelegensi atau tingkat kecerdasan, usia, jenis kelamin dan kedudukan seseorang dalam keluarga.
    Contohnya : seseorang yang tidak normal dan pertambahan usia.
  • Faktor eksternal antara lain kehidupan rumah tangga atau keluarga, pendidikan di sekolah, pergaulan dan media massa.
    Contohnya
    : seorang anak yang sering melihat orang tuanya bertengkar dapat melarikan diri pada obat-obatan atau narkoba. Pergaulan individu yang berhubungan teman-temannya, media massa, media cetak, media elektronik.
Jenis - Jenis Penyimpangan Sosial
Jenis - jenis Penyimpangan Sosial terdiri dari 5 jenis diantaranya :
  1. Tawuran atau perkelahian antar pelajar
  2. Penyalahgunaan narkotika, obat-obat terlarang dan minuman keras
  3. Hubungan seksual secara bebas
  4. Penyimpanagn seksual
  5. Tindakan Kriminal
Pencegahan Penyimpangan Sosial
Pencegahan penyimpanag sosial dapat dilakukan agar seseorang tidak terjerumus dalam penyimpangan sosial yang lebih bersifat negatif da merugikan. Faktor - faktor pencegahan penyimpanagn sosial antara lain.
  • Faktor KeluargaKeluarga merupakan awal proses sosialisasi dan pembentukan kepribadian seseorang. Kepribadian seseorang akan terbentuk dengan baik apabila dia lahir dan tumbuh berkembang dalam lingkungan keluarga yang baik begitu sebaliknya. Maka keluarga harusnya memberikan contoh yang baik karna pada periode ini seorang anak hanya akan meniru perilaku orang terdekatnya.
  • Faktor SekolahSekolah adalah tempat menimba ilmu dan 6 jam dalam sehari seseorang menghabiskan waktunya disekolah maka sekolah harus memberikan pendidikan moral selain memberikan pendidikan umum.
  • Faktor Lingkungan dan Teman
    Lingkungan tempat tinggal dan teman sangat mempengaruhi watak seseorang karna dalam pergaulan seseorang ditutuntut untuk beradaptasi/menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tinggal dan teman. Maka seseorang harus pintar dalam memilih teman sehingga dapat bergaul dengan tidak melanggar norma.
  • Faktor Media Massa
    Media massa baik cetak atau elektronik adalah suatu wadah sosialisasi yang dapat mempengauhi kehidupan seseorang. Maka seseorang harus dapat memilah media massa berisi informasi yang baik dan bersifat positif agar terhindar dari penyimpangan sosial.

9 comments:

Powered by Blogger.